Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa, aktivitas siswa dan aktivitas guru melalui model tim token dengan menggunakan media domino di Kelas IV SDN Lumbang Kecamatan Muara Uya Kabupaten Tabalong. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Adapun setting penelitian adalah siswa Kelas IV SDN Lumbang Kecamatan Muara Uya Kabupaten Tabalong tahun ajaran 2014/2015, dengan jumlah siswa 33 orang yaitu terdiri dari 21 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif, kuantitatif berupa hasil belajar siswa, dan kualitatif berupa observasi aktivitas siswa dan aktivitas guru dalam  pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Time Token menggunakan media Domino dapat meningkatkan aktivitas siswa  pada siklus I pertemuan pertama memperoleh 78% pada pertemuan kedua memperoleh 79% sedangkan pada siklus II pertemuan pertama aktivitas siswa memperoleh 85% dan pada pertemuan kedua memperoleh 92%.Aktivitas guru pertemuan pertamasiklus I dengan kategori cukup baik kemudian meningkat terus disetiap pertemuan hingga puncaknya dipertemuan terakhir yaitu siklus II pertemuan keduadengan kategori sangat baik. Hasil belajar siswa pada pertemuan pertama siklus I mendapat 36,36%, pertemuan kedua siklus I mendapat 63,64%. Sedangkan pada siklus II pertemuan pertama mendapat 72,73%, pertemuan kedua siklus II mendapat 90,91%. Melihat dan menyimpulkan hasil di atas hendaknya guru, kepala sekolah maupun tenaga pendidik lainnya agar bisa menerapkan model maupun strategi pembelajaran yang bisa menjadikan pembelajaran menjadi lebih bermakna, sehingga anak-anak tidak hanya merasakan manfaat dari pembelajaran di kelas saja, tetapi juga akan diterapkan di kehidupan sehari-harinya.

Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Pemerintahan Kabupaten dan Kota, Model Time Token, Media Domino.

Article Details