Meningkatkan Kemampuan Operasi Hitung Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Permainan Kartu di Kelas II SDN Habau Tahun Pelajaran 2017/2018

Hj. Rukiah

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan yang ditemukan di kelas II SDN Habau adalah lemahnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal operasi hitung. Dalam mengerjakan soal operasi hitung banyak siswa yang kurang teliti. dengan melihat rekap nilai pelajaran matematika kelas II, khususnya materi operasi hitung, dapat disimpulkan kalau 73% siswa memiliki kemampuan operasi hitung yang rendah. Nilai mereka rata-rata di bawah kriteria ketuntasan minimal yaitu 65. Lemahnya kemampuan operasi hitung siswa dikarenakan proses pembelajaran yang kurang menarik dan kurangnya variasi penerapan metode pembelajaran. Permainan merupakan salah satu metode yang dapat dipilih oleh guru untuk mengatasi masalah dalam pembelajaran matematika tersebut, karena dengan permainan pembelajaran diharapkan lebih menyenangkan sehingga menarik bagi siswa dan tidak membosankan. Permainan yang digunakan guru adalah permainan kartu. Kartu merupakan salah satu benda yang dapat dimanfaatkan sebagai permainan edukatif. Media kartu yang dikemas dalam bentuk permainan edukatif diharapkan dapat menjadikan proses belajarlebih menarik dan siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Habau dengan subyek siswa kelas II yang berjumlah 29 orang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 13 siswi perempuan, Dilaksanakan dengan 2 siklus tindakan dengan masing-masing 2 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan operasi hitung siswa pada pembelajaran matematika. Pada siklus I nilai rata-rata kemampuan siswa hanya 63 dengan ketuntasan 69% meningkat pada siklus II dengan rata-rata kemampuan operasi hitung 75 dengan ketuntasan 86%. Adanya peningkatan kemampuan operasi hitung siswa ini membuktikan bahwa penggunaan permainan kartu dapat meningkatkan kemampuan operasi hitung siswa dalam pembelajaran matematika di kelas II SDN Habau tahun pelajaran 2016/2017. © 2018 Rumah Jurnal. All rights reserved

Kata-kata kunci: Aktivitas, hasil belajar, metode role playing


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Image result for logo google scholar