Main Article Content

Abstract

Perilaku menjadi salahsatu faktor penentu peningkatan permasalahan gigi dan mulut di setiap tahun. usia sekolah merupakan waktu yang tepat dalam memberikan pemahaman pemahaman, pencegahan dan penanggulangan mengenai permasalahan kesehatan gigi dan mulut. Berdasarkan perbandingan data Riskesdas tahun 2007, 2013 dan 2018, selalu terjadi peningkatanpermsalahan kesehatan gigi dan mulut di Kalimantan Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan perilaku kesehatan gigi dengan terjadinya kejadian karies gigi di MDIM Kindaung Banjarmasin. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitaf dengan pendekatan survey analitik, sampel penelitian disini menggunakan total sampling yaitu semua siswa kelas IV dan kelas V di MDIM Kindaung Banjarmasin sebanyak 144 siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji Chi Square dengan menggunakan bantuan program komputer. Hasil penelitian pada variabel pengetahuan, sikap dan tindakan dengan tindakan kejadian karies gigi tidak ada hubungan yang bermakna. Diharapkan dari pihak sekolah dan terkait lainnya menambah sasaran terkait siswa/i tersebut seperti orangtua dengan cara melibatkannya dalam kegiatan peningkatan kesehatan gigi dan mulut

Keywords

Perilaku, pengetahuan, sikap, tindakan, kejadian karies gigi

Article Details

References

  1. Herlina. (2011). Kesehatan Gigi dan Mulut. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  2. Kepmenkes nomor 039/MENKES/SK/I/2007. Pedoman Penyelenggaran Kedokteran Gigi Keluarga.
  3. Mardliyah, L. F. S., Mursudarinah, M., & Rahmasari, I. (2017). Hubungan Pengetahuan Dan Praktik Menggosok Gigi Terhadap Kejadian Karies Gigi Pada Anak Usia 9-10 Tahun Di SD Negeri 01 Jumapolo Kabupaten Karanganyar. Doctoral Dissertation STIKES'Aisyiyah Surakarta.
  4. Ningsih, S. U., et al. (2016). Gambaran Pengetahuan dan Sikap Menyikat Gigi pada Siswa-siswi dalam Mencegah Karies di SDN 005 Bukit Kapur Dumai. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Riau, vol. 3, no. 2, Oct. 2016, pp. 1-11.
  5. Notoatmodjo S., (2014). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
  6. Nurianti, I., & Bako, A. D. M. (2018). Hubungan Perilaku Tentang Kesehatan Gigi Dan Mulut Dengan Kejadian Karies Gigi Anak Di SD Cinta Rakyat 4 Kelas IV Dan V. Jurnal Penelitian Kesmasy, 1(1), 9-13.
  7. Rahayu, K. D., et al. (2019) Gambaran Pengetahuan, Frekuensi Konsumsi Makanan Kariogenik Dan Perilaku Menggosok Gigi Dengan Kejadian Karies Gigi Pada Anak Usia Sekolah Di Sd Negeri Cileunyi 02 Kabupaten Bandung Tahun 2018. Jakarta: Badan Litbangkes – Kementerian Kesehatan RI.
  8. Riset Kesehatan Dasar (2007). Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Departemen Kesehatan, Republik Indonesia.
  9. Riset Kesehatan Dasar (2013). Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
  10. Riset Kesehatan Dasar (2018). Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
  11. Worotitjan, I., Mintjelungan, C. N., & Gunawan, P. (2013). Pengalaman karies gigi serta pola makan dan minum pada anak Sekolah Dasar di Desa Kiawa Kecamatan Kawangkoan Utara. e-GiGi, 1(1)